MOTIVASI MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI BANGUN RUANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif, dan mengetahui motivasi belajar setelah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis pendekatan matematika realistik pada materi bangun ruang siswa SD kelas V. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif dari penilaian para ahli, angket respon siswa, tes hasil belajar, dan angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis multimedia pembelajaran interaktif menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak menurut ahli materi skor rata-rata 3,70 kriteria valid, menurut ahli materi skor rata-rata 3,1 valid, menurut hasil kepraktisan skor rata-rata 3,59 dengan kriteria praktis, menurut hasil keefektifan memperolehskor rata-rata 78,10 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 85,71 dengan kriteria efektif. Hasil analisis motivasi belajar siswa memperoleh skor rata-rata 3,18, dikatakan bahwa motivasi siswa sangat baik dalam pembelajaran menggunakan media ini.
Kata kunci: multimedia pembelajaran interaktif, Pendekatan Realistik, motivasi belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v40i1.5849
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.