ANALISIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERTIDAKSAMAAN RASIONAL SATU VARIABEL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan rasional satu variabel dan (2) mengetahui penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek ditentukan dari jawaban identik berdasarkan indikator kesalahan.Pengumpulan data menggunakantes uraian dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan konsep, prinsip dan operasi. Adapun penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut yaitu lupa dengan tahap penyelesaian, tidak memperhatikan operasi hitung, kurang menguasai materi, tidak paham dengan maksud soal, terburu-buru dalam mengerjakan, ragu dengan jawaban yang diperoleh, bingung dengan tahap penyelesaian, dan terpaku pada contoh. Sehingga diperlukan beberapa tindakan untuk mengatasinya, seperti pemberian contoh yang bervariasi, latihan rutin, dan evaluasi di akhir pembelajaran. Dengan demikian dapat meminimalkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan rasional satu variabel.
Kata kunci: Kesalahan, pertidaksamaan rasional satu variabel
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v37i1.5644
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.