HUBUNGAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

Titin Muryanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar dengan pemahaman konsep siswa SMP, (2) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi matematis dengan pemahaman konsep siswa SMP, dan (3) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar dan komunikasi matematis terhadap pemahaman konsep Siswa SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Purworejo yang terbagi dalam enam kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data diperoleh dengan metode angket dan tes. Analisis data menggunakan statistik uji non-paremetris korelasi kendal Tau dan konkordansi Kendall (Kendal W) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini menjukkan 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan belajar dengan pemahaman konsep, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi matematis dengan pemahaman konsep, dan (3) terdapat hubungan yang positif antara keaktifan belajar dan komunikasi matematis tehadap pemahaman konsep.

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i3.4233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.