PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIVE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi matematis dengan model pembelajaran generative. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tes untuk mengukur pemahaman konsep dan komunikasi matematis tertulis. Observasi untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran generative dan komunikasi matematis lisan. Hasil penelitian pemahaman konsep meningkat, ditunjukkan dengan siswa mampu memahami konsep dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Rerata presentase pemahaman konsep siklus I sebesar 69,75% dan siklus II menjadi 85,83%. Komunikasi matematis lisan meningkat, ditunjukan dengan siswa mampu menjelaskan gambar dan simbol matematik. Rerata presentase komunikasi matematis lisan siklus I sebesar 64,58% dan siklus II menjadi 84,1%. Komunikasi matematis tertulis meningkat, ditunjukan dengan siswa mampu menuliskan jawaban tentang gambar dan simbol matematika dengan benar. Rerata presentase komunikasi matematis tertulis siklus I sebesar 66,99% dan siklus II menjadi 84,38%.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i3.4231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.