PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING

Zaenal Abidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran Probing-Prompting. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah kuantitatif yang didukung kualitatif. Hasil penelitian pada kemandirian belajar siklus I sebesar 50% siswa masuk kategori baik, kemudian pada siklus II kemandirian belajar menjadi 80% dengan siswa sudah menunjukkan rasa percaya diri, memiliki inisiatif belajar secara terus menerus, serta tidak menggantungkan diri kepada orang lain. Sedangkan dari hasil tes pemahaman konsep diperoleh rerata persentase mencapai 70%   lalu di siklus II mengalami peningkatan sebesar 79% dengan adanya alat peraga dan kumpulan soal  dapat membantu siswa untuk memahami materi yang dipelajari. Begitu juga dengan prestasi belajar matematika siswa yaitu 37.5% sebelum dikenai tidakan meningkat menjadi 47% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78% pada siklus II. Sehingga, dapat di simpulkan pembelajaran probing-prompting dapat meningkatkan kemandirian belajar, pemahaman konsep matematika dan prestasi belajar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 36 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan demikian, model pembelajaran Probing-Prompting dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i1.4200



Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.