PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Bagus Candra Kumara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keaktifan belajar dan prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo, berjumlah 224 siswa, terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampelnya adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar matematika dan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Lilliefors untuk menghitung normalitas, uji Bartlett untuk menghitung homogenitas dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t multivariat. Hasil perhitungan uji hipotesis kemampuan akhir pada kelas kontrol dan eksperimen sebesar tobs = 1,748 dengan α = 0.05 dan ttabel = 3,15. Karena tobs ttabel, maka H0 diterima. Sehingga kesimpulannya adalah prestasi belajar dan keaktifan siswa SMPN 26 kelas VII pada semester ganjil tahun 2015/2016dengan model pembelajaran The power of Two tidak lebih baik dengan model Ekspositori. Setelah peneliti melakukan analisa, model pembelajaran The Power of Two tujuannya adalah agar dua orang yang berkelompok aktif bersama dan saling melengkapi, namun dalam praktiknya tidak selalu sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kata kunci: keaktifan, prestasi belajar, The Power of Two


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v28i1.3903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.