ANALISIS PENALARAN ANALOGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PYTHAGORAS PADA SISWA SMP

Gianlucy Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah Pythagoras pada siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada materi Pythagoras. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah dengan purposive sampling dan snowball sampling. Peneliti menganalisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusing drawing/ verification. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa tahapan penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui tahap: 1). Encoding: siswa dapat menulis rumus panjang garis AC dengan melihat jawaban sebelumnya, yaitu mencari panjang garis DE; 2). Inferring: siswa dapat menghubungkan kesamaan antara garis DE dengan garis AC yaitu sama-sama merupakan sisi miring; 3). Mapping: siswa dapat menarik kesimpulan berdasarkan kesamaan rumus dalam mencari panjang garis DE dan panjang garis AC; 4). Applying: siswa dapat memilih rumus yang digunakan untuk melengkapi jawaban yaitu rumus Pythagoras, serta dapat menggunakan rumus Pythagoras untuk mencari panjang garis AC. Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa tahapan penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah Pythagoras yaitu dengan tahapan: menulis rumus, menghubungkan kesamaan, menarik kesimpulan, dan memilih rumus yang digunakan untuk melengkapi jawaban.

 

Kata kunci: penalaran analogi, pythagoras


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v28i1.3896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.