PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MODEL PBL DI KELAS VII SMP PURNAMA AYAH

Nur Hamid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika  di kelas VII SMP Purnama Ayah melalui model PBL. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus dan  subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Purnama Ayah tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 23 siswa. Penelitian ini menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pengumpulan data menggunakan  observasi, tes, dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif kemudian didiskripsikan secara kualitatif. Aktivitas pada siklus I 43,87% dan pada siklus II meningkat menjadi 69,57%. Peningkatan kreativitas siswa pada siklus I 47,83% dan pada siklus II meningkat menjadi 69,57%. Peningkatan aktivitas ditunjukan dari siswa berani mengajukan diri untuk presentasi hasil diskusi, menanggapi hasil diskusi teman dan siswa terlibat aktif dalam diskusi kelompok. Peningkatan kreativitas ditunjukan dari siswa mampu memberikan ide penyelesaian masalah secara tepat dengan rician yang detail.

Kata kunci: aktivitas, kreativitas, Problem Based Learning (PBL)


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i1.3634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.