PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Fadhila Rufi Sandani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan peningkatan aktivitas dan kemandirian belajar matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 22 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 setelah dikenai strategi pembelajaran PBL. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket dan tes.Sedangkan analisis datanya secara deskriptif kuantitatif. Rata-rata persentase aktivitas keseluruhan siswa siklus I yaitu 61,79% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II yaitu 74,72% dengan kategori baik. Peningkatan Kemandirian dapat dilihat dari lembar observasi dan angket siswa siklus I yaitu 66,77% dalam kategori cukup baik dan pada siklus II yaitu 79,06% dalam kategori baik. Rata-rata persentase prestasi siswa dilihat dari lembar tes yaitu 67, 41 % dengan kategori cukup baik dan pada siklus II yaitu 79,38% atau dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PBL dapat meningkatkan aktivitas dan kemandirian.

 

Kata kunci: aktivitas, kemandirian, PBL

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i1.3628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.