KAJIAN FILOSOFIS EDUKATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) DI INDONESIA

Himma Ikrimah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan RME di Indonesia dari sudut pandang filsafat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik content analysis. Obek formal penelitian ini filsafat pendidikan. Objek materialnya teori pendekatan RME dalam 3 buku yaitu: (1) Developing Realistic Mathematics   Education, (2) Revisting Mathematics Education, (3) Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dan pengamatan. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber sebagai pemeriksaan keabsahan data.Dari penelitian diperoleh simpulan: (1) ontologi RME yaitu matematika merupakan aktivitas manusia, (2) epistimologi RME tercermin dari 5 karakteristik  meliputi penggunaan konteks, penggunaan model menuju matematisasi progresif, pemanfaatan hasil konstruksi siswa, interaktivitas, dan keterkaitan. Selain itu, tercermin dari 3 prinsip utama meliputi reinvention/mathematizing, didactical phenomenology, dan self-developed model, (3) aksiologi RMEmencoba menciptakan kebermaknaan dalam belajar matematika melalui memadukan proses melatih dan mendidik untuk berpikir secara matematis untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis, kemampuan kognitif, afektif, serta kecerdasan interpersonal.

Kata kunci: filosofis edukatif, pendekatan pembelajaran RME


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v26i2.3587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.