HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA, MINAT BELAJAR, DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Dini Lia Saputri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua, minat belajar, dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Salaman. Sam­pel dalam penelitian ini 115 siswa dengan menggunakan teknik propotionate ran­dom sampling. Teknik pe­­ngam­bilan da­ta yang diguna­kan adalah me­to­de angket dan tes. Data dianalisis menggunakan regresi, dan korelasi. Ke­simpulan da­lam penelitian ini: pola asuh orang tua, minat belajar, kesiapan dan prestasi be­lajar matematika; dan ada hubungan yang po­sitif dan sig­nifikan an­ta­ra: (1) pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar ma­tematika (2) minat be­­­­la­jar terhadap prestasi belajar matematika; (3) kesiapan belajar ter­ha­dap prestasi belajar matematika; (4) pola asuh orang tua dan minat belajar ter­­hadap prestasi belajar matemati­ka; (5) minat dan kesiapan belajar terhadap prestasi be­­­la­jar ma­­tematika; (6) pola asuh orang tua dan kesiapan belajar ter­ha­dap prestasi belajar ma­te­ma­ti­ka; (7) pola asuh orang tua, minat bela­jar, dan kesiapan belajar terhadap prestasi be­la­­jar matematika tetapi tidak signifikan.

 

Kata kunci: pola asuh orang tua, minat belajar, kesiapan belajar, prestasi be­l­a­jar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v26i2.3583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.