PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Afif Sa’bani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo tahun Pelajaran 2015/2016, sedangkan sampelnya adalah kelas A dan Kelas B SMP Negeri 24 Purworejo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes.Instrumen yang digunakan adalah soal tes.Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t.Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai = 1,727 sedangkan  = 1,645 dengan taraf signifikan 5%. Karena nilai >  maka dapat disimpulkan bahwa  ditolak dan  diterima, artinya bahwa penggunaan model PBL berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

 

Kata kunci: PBL, kemampuan pemecahan masalah


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v26i1.3564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.