PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS

Fadlan Abdul Jabar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran mind mapping (peta konsep) pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 24 purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 24 purworejo tahun pelajaran 2015/2016 dengan model pembelajaran mind mapping (peta konsep) meningkat, hal ini ditunjukkan oleh semakin banyaknya siswa yang mau mencatat dan memperhatikan penjelasan guru, mampu mengerjakan soal dengan benar, aktif mengajukan pendapat dan memberikan tanggapan serta sanggahan terhadap jawaban siswa lain saat pembelajaran.

 

Kata kunci: mind mapping, pemahaman konsep, berpikir kritis

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i2.3205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.