PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL SFE PADA SISWA KELAS VIII D SMP N 15 PURWOREJO

Hibati Wafiroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatkan partisipasi belajar siswa, 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, 3) peningkatan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII D SMP N 15 Purworejo sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) partisipasi belajar siswa dari 68,99% menjadi 79,01%, peningkatan ini menunjukkan siswa sudah berani bertanya, berpendapat, antusias dalam pembelajaran; 2) kemampuan komunikasi matematis  siswa dari 61,96% menjadi 73,11%, siswa berani mengungkapkan ide atau gagasannya, sudah menggunakan istilah matematika dalam mengungkapkan ide-idenya dengan baik dan sudah membuat strategi matematika dengan baik; 3) rerata prestasi belajar matematika siswa dari 60,50 menjadi 72,89.

Kata kunci: partisipasi, komunikasi matematis, prestasi, model SFE


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i2.3197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.