EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN MAKE A MATCH TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Luci Dahlia Aryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah (1) kepercayaan diri dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick akan lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. (2) model pembelajaran Talking Stick dan Make a Match kedua-duanya efektif jika diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII E, F, G, H dan sampel adalah kelas VIII E dan F. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Uji Hipotesis menggunakan uji multivariat dan uji-t. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan (1) kepercayaan diri dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. (2) model pembelajaran Talking Stick dan Make a Match kedua-duanya tidak efektif jika diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Purworejo.

Kata kunci: Talking stick, Make a Match, kepercayaan diri, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i1.3193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.