PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN AIR DAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 26 PURWOREJO

Vembri Kunta Pratala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik dari pada model pembelajaran Open-Ended Problem pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP N 26 Purworejo tahun 2015/2016. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik dari pada model pembelajaran Open-Ended Problem pada materi kubus & balok kelas VIII SMP N 26 Purworejo tahun 2015/2016.

 

Kata kunci: Auditory Intellectually Repetition (AIR), Open-Ended Problem, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i1.3191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.