ANALISIS KEAKTIFAN SISWA DALAM ORGANISASI TERHADAP PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIA 1 DAN XI MIA 2 SMA NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Natalia Chyntia Devi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis keaktifan siswa dalam organisasi terhadap penyelesaian soal matematika pada siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa keaktifan siswa dalam organisasi tidak memiliki dampak terhadap prestasi belajar siswa terutama pada penyelesaian soal ulangan harian irisan kerucut. Meskipun berdasarkan hasil ulangan harian irisan kerucut ada beberapa di antara siswa yang aktif dalam organisasi mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hal itu dikarenakan siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal dan terlalu banyak rumus yang ada sehingga siswa masih bingung mana rumus yang harus digunakan. Selain itu berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan keaktifan siswa dalam organisasi meskipun tidak memiliki dampak terhadap prestasi akademik, dengan aktif berorganisasi siswa belajar untuk terbiasa mengemukakan pendapat, berlatih berpikir kritis, berpikir kreatif, cara bersosialisasi dan cara membagi waktu antara organisasi dan belajar. Ini menunjukkan bahwa prinsip matematis masuk dalam keaktifan berorganisasi.

 

Kata kunci: keaktifan siswa dalam organisasi, penyelesaian soal irisan kerucut

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i1.3150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.