HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII

Bonita Oktikasari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) disiplin belajar dengan prestasi belajar matematika; (2) konsep diri dengan prestasi belajar matematika; (3) disiplin belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Kutowinangun seba­nyak 412 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 186 siswa dengan menggunakan teknik Propotionate Stratified Random Sampling. Pengum­pu­lan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Pengujian hipotesis menunjukan thitung>ttabel dan Fhitung>Ftabel maka Ho ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini ada hubungan yang positif dan signifikan: disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika; konsep diri terhadap prestasi belajar matematika; disiplin belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika.

 

Kata kunci: disiplin belajar, konsep diri, dan prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.