ANALISIS CARA MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara anak berkebutuhan khusus tunarungu menyelesaikan masalah matematika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa cara siswa tunarungu menyelesaikan soal sebagai berikut: memahami soal untuk mengidentifikasi hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal tersebut dengan cara membaca berulang kali menggunakan bantuan jari tangan untuk menunjuk-nunjuk hingga siswa paham, menghitung menggunakan jari tangan. Membuat model matematika dengan menggunakan cara yang telah guru ajarkan sebelumnya. Menerapkan strategi yang digunakan sesuai yang telah guru ajarkan, mengalikan terlebih dahulu lalu menjumlahkan. Siswa menggunakan jari tangan untuk menghitung dan coret-coretan pada kertas lain. Siswa menyelesaikan model matematika dengan cara yang telah guru ajarkan sebelumnya.
Kata kunci: tunarungu, masalah matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2883
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.