PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN SETTING TTW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Desta Risa Kartika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran ARIAS dengan setting Think Talk Write pada pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX A SMP Sultan Agung Purworejo. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Sultan Agung Purworejo yang berjumlah 20 siswa. Obyek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ARIAS dengan setting Think Talk Write materi tabung  dan kerucut. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran ARIAS dengan setting Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase kemampuan komunikasi matematis siswa dari 67.58%  pada siklus I menjadi 78.64% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran ARIAS dengan setting Think Talk Write dapat meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX A SMP Sultan Agung Purworejo Tahun 2014/2015.

Kata kunci: komunikasi matematis, ARIAS, TTW


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i2.2772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.