PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis dan kreatif siswa, peningkatanprestasi belajar, serta keterkaitan antara kemampuan berpikir kritis dan kreatif dengan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIF SMP Negeri 18 Purworejo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah rerata dan analisis deskriptif persentase.Dari penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat peningkatan berpikir kritis dan kreatif siswa, terdapat peningkatan prestasi belajar serta terdapat keterkaitan antara berpikir kritis dan kreatif terhadap prestasi.
Kata kunci: berpikir kritis, berpikir kreatif, PBL
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i2.2768
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.