HUBUNGAN FAKTOR KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) faktor keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa; (2) minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa; (3) faktor keluarga terhadap minat belajar siswa; serta (4) faktor keluarga dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasi. Data dikumpulkan dengan metode angket dan metode tes. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara faktor keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara faktor keluarga terhadap minat belajar siswa; serta (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara faktor keluarga dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Kata kunci: korelasi, positif, signifikan
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i1.2754
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.