https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS SETTING SNOWBALL THROWING | Munawaroh | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS SETTING SNOWBALL THROWING

Amanatul Munawaroh

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis matematika melalui model pembelajaran talking chips setting snowball throwing berbantuan macromedia flash 8 pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Pejagoan tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan berpikir kritis dan prestasi belajar matematika siswa. Secara kualitatif peningkatan berpikir kritis matematika ditunjukkan dengan kepekaan siswa akan masalah yang terjadi sehingga mampu mengaplikasikan konsep dalam situasi yang berbeda, dapat memberikan tanggapan kepada siswa lain dan mampu menarik kesimpulan dari jawaban yang dipaparkan. Peningkatanberpikir kritis pada pelajaran matematika karena model pembelajaran dan media yang menarik. Secara kuantitatif persentase hasil observasi siklus I yaitu 64,81% meningkat menjadi 79,85% pada siklus II. Rata-rata nilai prestasi belajar siklus I sebesar 63,03 dengan persentase ketuntasan klasikal belajar siswa 45,16% meningkat menjadi 72,47 pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal belajar siswa 76,67%. Keterkaitan antara berpikir kritis dan prestasi belajar matematika 0,97 pada siklus I dan 0,94 pada siklus II dengan kategori “sangat baik”.

 

Kata kunci: Berpikir Kritis, Talking Chips Setting Snowball Throwing


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i1.2753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.