EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN ELPSA YANG DIMODIFIKASI CERGAM DAN TPS

Eti Marlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran ELPSA yang dimodifikasi dengan cergam lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Par Share (TPS) padasiswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purworejo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk data kemampuan awal siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05 didapatkan tobssebesar 1,733 dan ttabel sebesar 1,669maka tobs>ttabelsehingga H0ditolak. Jadi, prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran ELPSA yang dimodifikasi dengan cergam lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS).

 

Kata kunci: ELPSA yang dimodifikasi cergam, TPS, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i3.2730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.