PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE MEMANFAATKAN POSTER DAN PUZZLE PENYELESAIAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Nani Lasiyah Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Example Non-Example lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran Probing-Prompting Learning dengan memanfaatkan poster dan puzzle penyelesaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Buluspesantren tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan metode dokumentasi serta metode tes, sedangkan instrumen yang digunakan yaitu berupa tes uraian pemahaman konsep matematika. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika uji t. Berdasarkan hasil tes tersebut diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen satu 73,56 dan kelas eksperimen dua 69,406. Hasil uji t diperoleh  dan ttabel = 1,6705667. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Example Non-Example lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran Probing-Prompting Learning dengan sama-sama memanfaatkan poster dan puzzle penyelesaian pada pokok bahasan transformasi di kelas VII SMP Negeri 1 Buluspesantren tahun pelajaran 2014/2015.

 

Kata kunci: pemahaman konsep, Example Non-Example, Probing-Prompting Learning, poster, puzzle penyelesaian


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i1.2709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.