PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA TINGKAT SEKOLAH

Atika Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan kesulitan yang dialami guru maupun siswa dalam pembelajaran tematik pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pada tahap pendahuluan guru menampilkan sifat fleksibel, pada tahap inti menampilkan sifat tidak adanya pemisahan materi pelajaran secara jelas, dan pada tahap penutup menampilkan karakteristik berpusat pada peserta didik. Kesulitan yang dialami guru antara lain guru belum memahami mengenai pembelajaran tematik, pelaksanaan diklat belum maksimal, anggota diklat merupakan guru yang sudah tidak muda lagi, guru dituntut untuk lebih kreatif, sulit mencari tambahan sumber buku, dan sulit dalam mengevaluasi. Kesulitan yang dialami siswa antara lain siswa mengalami kebingungan karena terbiasa menggunakan jadwal bidang studi, masih ada siswa yang pasif, metode yang digunakan monoton, sarana prasarana dan sumber belajar terbatas.

Kata kunci: problematika pendidikan, kesulitan belajar, pembelajaran tematik


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i1.2700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.