PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PROBING-PROMPTING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 35 PURWOREJO

Kurniawati Kurniawati, Erni Puji Astuti, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi himpunan dengan model pembelajaran cooperative tipe probing-prompting. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi belajar siswa mengalami peningkatan pada pra siklus, siklus I, dan siklus II berturut-turut adalah sebesar 21%, 59%, dan 86%. Sedangkan prestasi belajar siswa meningkat dari pra siklus, siklus I,dan siklus II berturut-turut adalah 36% dengan rerata 65,17, 54% dengan rerata 71,96, dan 82% dengan rerata 78,75. Simpulan dari penelitian ini adalah partisipasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran cooperative tipe probing-prompting dalam pembelajaran matematika materi himpunan.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v16i1.2215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.