STUDI PERBANDINGAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PRESTASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 PURING

Siti Halimah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan Cooperative Script terhadap prestasi dan keaktifan belajar matematika siswa lebih baik daripada ekspositori pada siswa kelas VIII SMP N 2 Puring tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII D dan kelas VIII E, ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini adalah quasi experimental design. Instrumen penelitian menggunakan tes, dan untuk keaktifan belajar menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dengan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas.  Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan uji t dan  = 0.05. Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Cooperative Script menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik daripada prestasi belajar matematika  siswa dengan ekspositori dan Cooperative Script menghasilkan keaktifan belajar siswa yang lebih baik daripada keaktifan belajar matematika  siswa dengan ekspositori pada siswa kelas VIII SMP N  2 Puring tahun pelajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: prestasi, keaktifan ,  Cooperative Script, Ekspositori


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i2.2167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.