EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOMBINASI THINK PAIR SHARE DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Bondan Kurniaji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran kombinasi Think Pair Share dan Course Review Horay lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mendapat metode Ekspositori pada materi sistem persamaan linear dua variabel terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu dengan teknik sampling yang digunakan adalah simple Random Sampling. Uji hipotesis menggunakan uji t-student (uji-t) dengan prasyarat analisis uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian dengan taraf signifikan = 0,05 menunjukkan bahwa rerata nilai pada kelas eksperimen 73.767 dan pada kelas kontrol 67,563. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa tobs 1,785 dengan ttabel 1,670 dan DK= {t|t>1,670} sehingga tobs > ttabel. Terlihat bahwa tobs termasuk dalam daerah kritik sehingga menyebabkan H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran kombinasi Think Pair Share dan Course Review Horay lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mendapat metode Ekspositori pada siswa kelas VIII MTs  Negeri  Purworejo tahun pelajaran 2014/2015.

 

Kata kunci: prestasi belajar matematika, Think Pair Share, Course Review Horay

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v15i1.2147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.