EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TPS DAN TTW TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Evi Yuliana Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik dari pada komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran TTW (2) apakah hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran TTW. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 5 Kebumen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan siswa kelas VIII F. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan TTW. Hasil belajar dan komunikasi matematis dalam penelitian ini berperan sebagai variabel terikat. Data akhir dianalisa menggunakan statistik multivariat dilanjutkan uji univariat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik dari pada komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran TTW, 2) hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran TPS tidak lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran TTW.

 

Kata kunci: komunikasi matematis, hasil belajar¸TPS, TTW


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i2.1827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.