EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi dengan desain penelitiannya model concurrent tria-ngulation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan obser-vasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian dan lembar obser-vasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII.
Kata kunci: Efektif, Jigsaw
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i1.1812
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.