EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Iin Rachma Diyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi dengan desain penelitiannya model concurrent tria-ngulation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan obser-vasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian dan lembar obser-vasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII.

 

Kata kunci: Efektif, Jigsaw

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i1.1812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.