PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF

Neny Gustiyo Rini, Nila Kurniasih, Puji Nugraheni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan alat peraga manipulatif pada siswa kelas VII C SMP Negeri 31 Purworejo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 metode yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan rerata persentase keaktifan belajar meningkat yaitu dari 67,86% pada siklus I menjadi 78,21% pada siklus II. Rerata hasil belajar pada siklus I adalah 68,18 dengan persentase ketuntasan 62,50% dan pada siklus II rerata hasil belajar 75,34 dengan persentase ketuntasan 73,34%. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan model Group Investigation berbantuan alat peraga manipulatif dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 31 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: model pembelajaran, keaktifan, Group Investigation


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v12i1.1729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.