EKSPERIMENTASI METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP

Rima Adin Riyanti

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah: (1) hasil belajar matematika siswa dengan metode pembelajaran Course Review Horay lebih baik jika dibandingkan dengan metode pembelajaran Ekspositori, (2) hasil belajar matematika siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada motivasi belajar sedang dan motivasi belajar rendah, (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP N 5 Kebumen tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes hasil belajar matematika, metode dokumentasi, dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji komparasi ganda sebagai uji lanjut pasca anava. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dan uji komparasi ganda dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang dikenai metode pembelajaran Course Review Horay lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang dikenai metode pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan motivasi belajar sedang maupun rendah, 3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar.

 

Kata kunci: course review horay, ekspositori, motivasi belajar, hasil belajar matematika

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i1.1600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.