PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING

Hery Kurniawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII B SMP Negeri 23 Purworejo melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 23 Purworejo. Objek dalam penelitian ini adalah proses pada penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket serta metode tes, sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar angket motivasi dan lembar soal tes yang telah diuji dan telah memenuhi syarat validitas. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 69,41% meningkat menjadi 75,39% pada siklus 2. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 63,75 meningkat menjadi 70,16 pada siklus 2 dengan persentase jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimalyaitu 59,37% pada siklus I dan meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: motivasi, hasil belajar, reciprocal teaching


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i1.1594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.