EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KOMIK PADA MATERI PERPANGKATAN BILANGAN BULAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 25 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Widyaningsih .

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media komik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada materi perpangkatan bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP N 25 Purworejo tahun ajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes prestasi belajar. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan ∝ = 0,05 diperoleh  sebesar 1,8797 lebih besar dari  sebesar 1,645 sehingga  ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media komik lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada materi perpangkatan bilangan bulat siswa kelas VII SMP N 25 Purworejo yahun ajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: model pembelajaran STAD, media komik, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v9i1.1239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.