PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAVI MENGGUNAKAN LKS DAN MEDIA PERMAINAN

Karimatun Nisak, Mujiyem Sapti, Dita Yuzianah

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika dengan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectualy) menggunakan LKS dan media permainan papan pemutar. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah peneliti, lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan persentase dan rerata. Hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan persentase 57,8% dengan kategori cukup baik pada siklus I sedangkan pada siklus II persentase menjadi 75% dengan kategori baik. Rerata kelas pada siklus I sebesar 57,9 dengan persentase ketuntasan belajar 45% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rerata kelas menjadi 72,74 dengan ketuntasan belajar 77%. Hasil analisis tersebut telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu persentase aktivitas belajar siswa mencapai 70% dengan kategori baik dan persentase ketuntasan belajar mencapai 75% dengan nilai KKM 61. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan SAVI menggunakan LKS dan media permainan papan pemutar dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar pada pokok bahasan operasi hitung di kelas IV SD Negeri Tempurejo 2 Tempuran tahun pelajaran 2013/2014.

 

Kata Kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, SAVI, LKS dan media permainan


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i4.1138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.