PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING

Moh Zaenal Ma’ruf, Puji Nugraheni, Isnaeni Maryam

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X TKR F SMK Muhammadiyah Kutowinangun melalui model pembelajaran Penemuan Terbimbing. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR F SMK Muhammadiyah Kutowinangun. Objek dalam penelitian ini adalah proses pada penerapan model pembelajaran Penemuan Terbimbing. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar angket dengan skala Likert, serta dokumentasi dan lembar soal tes yang telah diuji dan telah memenuhi syarat validitas. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif rata-rata dan persentase. Persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 68,06% meningkat menjadi 73,78% pada siklus 2. Sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 64,92 meningkat menjadi 82,31 pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas X TKR F SMK Muhammadiyah Kutowinangun tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: motivasi, prestasi belajar matematika, Penemuan Terbimbing


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.1076



Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.