EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MIND MAPPING DALAM QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Wahyudi, Mujiyem Sapti, Wharyanti Ika P

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar materi segitiga dan segiempat yang menggunakan Mind Mapping dalam model pembelajaran Quantum Learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 11 Purworejo yang terdiri dari 6 kelas. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Dari rataan marginalnya, diperoleh mean pada model pembelajaran dengan menggunakan Mind Mapping dalam Quantum Learning diperoleh 76,5; sedangkan nilai mean pada model pembelajaran konvensional diperoleh 61,2. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 3,8199 lebih besar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti prestasi belajar matematika siswa menggunakan Mind Mapping dalam Quantum Learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: Mind Mapping, Quantum Learning, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.1070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.