MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE STAD MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PMR

Imam Ari Firmanto, Mujiyem Sapti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII F SMP Negeri 22 Purworejo melalui metode STAD menggunakan LKS berbasis PMR (Penddidikan Matematika Realistik). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas VII F SMP Negeri 22 Purworejo. Objek dalam penelitian ini adalah minat dan hasil belajar pada pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar matematika mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan presentase minat belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II. Untuk peningkatan presentase rata-rata minat belajar matematika dari siklus I ke siklus II yaitu 65% dengan kriteria “tinggi” menjadi 84% dengan kriteria “sangat tinggi”. Dan dari hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan presentase rata-rata sebesar 22,36% dari kemampuan awal ke siklus I sebesar 77,42%, dan meningkat menjadi 80,64% pada siklus II.

 

 

Kata kunci: STAD, LKS PMR, minat, hasil belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v8i1.1067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.