PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA KOMPREHENSIF RECOUNT TEXT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT

Akbar Tanjung Kusuma, Semi Sukarni

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran bahasa Inggris menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament. Pada indikator peningkatan sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh skor minimal 70, rata-rata prosentase aktivitas siswa mencapai 85% mencapai kategori baik. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-April 2024 tahun pelajaran 2023/2024 di SMP Negeri 30 Purworejo. Penelitian dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 30 Purworejo yang berjumlah 32 siswa, 12 orang diantaranya perempuan dan 20 orang laki-laki, dengan badan siswa yang heterogen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data yang dikumpulkan sebelumnya dilakukan analisis deskriptif menggunakan analisis persentase. Metode penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut: Ada empat tahapan utama dalam proses perencanaan: (1) perencanaan (perencanaan), (2) tindakan (pelaksanaan), (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi dan tindak lanjut. dilanjutkan dengan dua siklus utama, yaitu Siklus I dan Siklus II. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada kebutuhan untuk meningkatkan proses pengajaran siswa cara membaca teks narasi komprehensif. Hal ini disebabkan karena aktivitas belajar siswa semakin meningkat. mengingat secara menyeluruh kemampuan membaca teks. Rata-rata siswa selama pembelajaran pada Siklus I diperoleh rata-rata keaktivan 80,64% (kategori cukup hingga sangat baik), dan pada Siklus II meningkat menjadi 82,45%. Rata-rata tercapai pada Siklus I sebesar 70,34% dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 78,13%. The study's findings indicate that there is a growing increase in the learning outcomes of comprehending comprehensive retelling texts. In Siklus I, the rata-rata was 70,34, with a 78,13% ketuntasan belajar klasikal; in Siklus II, the rata-rata was up to 78,25, with an 87,50% ketuntasan belajar klasikal.

 

Kata kunci: Ketrampilan Membaca, membaca komprehensif, pembelajaran kooperatif, TGT

 


Full Text:

PDF

References


Anggiasari, Nurul Ariffa, Muh Asrori, and Teguh Sarosa. 2021. “Comparative Study Between Using Cooperative Learning Model Teams-Games-Tournaments (TGT) and Direct Instructional Method (DI) to Teach Students’ Reading Comprehension.” English Education 6(3):367–78.

Dwisnu, Erlian. 2022. “The Effect of Applying TGT (Team Game Tournament) Technique to the Students’ Reading Comprehension in UMB.” Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE) 1(3):451–60.

Faricha, Zumrotul, and Khoiruh Huda. 2020. “The Effectiveness of Using Teams Games Tournaments (TGT) in Teaching Reading of Narrative at Second Grade of MA Mambaus Sholihin.” JEET, Journal of English Education and Technology 1(01):20–34.

Haryanto, Haryanto. 2023. “IMPROVING THE STUDENTS’ENGLISH LEARNING OUTCOMES THROUGH TEAM GAME TOURNAMENT MODEL IN ENGLISH FOR ISLAMIC EDUCATION COURSE.” IJOTL-TL: Indonesian Journal of Language Teaching and Linguistics 8(2):72–89.

Herlina, Riana, and Fitri Ningsi. 2017. “THE EFFECTIVENESS OF USING TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’READING COMPREHENSION AT THE TENTH GRADE OF SMK N 1 KOTA BIMA.” JURNAL PENDIDIKAN BAHASA 7(1):36–39.

Khairunnisa, Hana, Deni Lubis, and Qoriatul Hasanah. 2020. “Kenaikan Omzet UMKM Makanan Dan Minuman Di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal.” Al-Muzara’Ah 8(2):109–27. doi: 10.29244/jam.8.2.109-127.

Klinmalee, Rattaporn. 2022. “The Assessment for Learning of Cooperative Learning Activities Using Online Team Game Tournament Technique (TGT).” Journal of Positive School Psychology 6(3):9132–41.

Maimunah, Umi. 2023. “Peningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Pembelajaran Koperatif Teknik Team Group Tournament (Tgt) Pada Siswa Kelas 5 Sdn Temas 02 Batu.” Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora 2(1):188–209.

Nurchasanah, Safitri. 2020. “The Use of Team Game Tournament Method to Improve the Students’ Reading Comprehension.” Edulingua: Jurnal Linguistiks Terapan Dan Pendidikan Bahasa Inggris 7(1).

Nurhayati, Nurhayati, Asep Sukenda Egok, and Aswarliansyah Aswarliansyah. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(5):9118–26.

Patil, Yogesh S., Aniket T. Suryawanshi, Surajkumar G. Kumbhar, and Shirish S. Mane. 2022. “Implementation of a Team Game Tournament a Collaborative Learning Method and Study of Its Impact on Learners’ Development.” Journal of Engineering Education Transformations 36:303–7.

Rifqi, Mohammad Rifqi Mohammad. 2022. “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Model Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik.” Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 7(1).

Sartika, Dewi, Khairinisaak Khairinisaak, and Rekha Asmara. 2022. “THE ANALYSIS OF STUDENTS’DIFFICULTIES IN WRITING RECOUNT TEXT.” Journal of English Education Program 3(1).

Sianturi, Dewi Sartika, Sintia Anastasia Situmorang, Perius Gulo, and Erikson Saragih. 2020. “An Analysis of Recount Text in English Textbooks Used by Tenth Grade Students.” Journal of Languages and Language Teaching 8(2):120–27.

Teedja, Katty Elizabeth Malta. 2019. “Implementing NHT and TGT to Enhance Students’ Knowledge of Passive and Active Voice Construction: Comparative Study.” Acuity: Journal of English Language Pedagogy, Literature and Culture 4(2):69–93.

Wicaksono, Agung, and Pamadya Vitasmoro. 2023. “The Effect of Team Game Tournament (TGT) in Teaching Reading of Narrative Text to The First Semester at The Nurse Program of Health Sciences Faculty of Kadiri University.” ELTT 9(1):140–52.




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v11i2.8999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.