KLASIFIKASI EMOSI DASAR PADA TOKOH UTAMA NE ZHA DALAM FILM NE ZHA 《哪吒》KARYA JIAO ZI《饺子》 : KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA

Intan Erwani, Amanda Amelia

Abstract


Abstrak: Klasifikasi emosi memiliki peran krusial dalam mengidentifikasi dan memahami dinamika emosional yang mempengaruhi perilaku dan keputusan individu dalam berbagai konteks naratif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penyebab munculnya emosi tokoh utama serta klasifikasi emosi dasar pada tokoh utama dalam film Ne Zha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori klasifikasi emosi David Krech dengan pendekatan psikologi sastra. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa satuan lingual, kata, klausa, frasa dan kalimat yang memberikan gambaran penyajian emosi dasar tokoh utama pada film Ne Zha. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap dan catat.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stigma sosial merupakan penyebab yang paling dominan dalam mempengaruhi emosi Ne Zha. Stigma ini mencerminkan penolakan, diskriminasi, dan pengucilan dari masyarakat, yang berkontribusi signifikan terhadap kondisi emosional Ne Zha. Dari analisis terhadap 25 data emosi dasar, ditemukan bahwa emosi senang dan marah adalah yang paling dominan. Emosi senang muncul saat Ne Zha merasakan momen penerimaan atau keberhasilan, sedangkan emosi marah muncul sebagai respon terhadap penolakan dan perlakuan buruk.

Kata kunci: Emosi, Film, Ne Zha, Psikologi Sastra, Jiao Zi


Full Text:

PDF

References


AHMADI, A. (2010). REVITALISASI BAHASA DAN SASTRA LISAN MADURA DI PULAU RAAS. PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL “AUSTRONESIAN LANGUAGES AND LITERATURS: DISCOVERING THE LINGUISTIC POTENTIAL OF THE AUSTRONESIAN LANGUAGES FOR THE LINGUISTIC ADVANCEMENT AND FOR THE MAINTENANCE OF THE LANGUAGE”. UDAYANA, DENPASAR, BALI, TANGGAL 19-20 JULI 2010.

AHMADI, A. (2015). PSIKOLOGI SASTRA. SURABAYA: UNESA UNIVERSITY PRESS.

ARUM, S. P., & WEDAWATI, M. T. (2020). TAKDIR DAN KEBEBASAN BERKEHENDAK DALAM FILM NEZHA《哪吒》 KARYA JIAO ZI《饺子》(KAJIAN ANTROPOLOGI METAFISIK ANTON BAKKER). JURNAL PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNESA, 3(1).

DANEA, D. K., & WEDAWATI, M. T. (2020). BAIK DAN BURUK DI FILM NE ZHA《哪吒》 KARYA JIAO ZI (饺子)(KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA). JURNAL PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNESA, 3(1).

ENESTE, PAMUSUK. (1991). NOVEL DAN FILM. FLORES: NUSA INDAH.

LEXY, J MOLEONG. (2008). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. BANDUNG: PT REMAJA ROSDAKARYA.

MINDEROP, ALBERTINE. (2018). PSIKOLOGI SASTRA (KARYA SASTRA, METODE, TEORI, DAN CONTOH KASUS). JAKARTA: YAYASAN PUSTAKA OBOR INDONESIA.

RATNA, NYOMAN KUTHA. (2013). TEORI, METODE DAN TEKNIK PENELITIAN SASTRA. YOGYAKARTA: PUSTAKA PELAJAR.

SUDARYANTO. (2015). METODE DAN ANEKA TEKNIK ANALISIS BAHASA. YOGYAKARTA: DUTA WACANA UNIVERSITY.

WERNER, EDWARD T. C. (2005). MYTHS AND LEGENDS OF CHINA. LONDON: GEORGE G. HARRAP. (ONLINE).




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v11i2.8990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.