REPRESENTASI PEREMPUAN SEBAGAI WUJUD EMANSIPASI DAN KESETARAAN GENDER PADA NOVEL DOMPET AYAH SEPATU IBU KARYA J.S. KHAIREN

Viara Harsono Putri, Kadaryati Kadaryati

Abstract


Abstrak: Representasi perempuan memiliki peran krusial dalam melawan stereotip dan diskriminasi gender yang masih mengakar di masyarakat, serta mendorong terwujudnya kesetaraan gender secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji representasi perempuan sebagai wujud emansipasi dan kesetaraan gender dalam novel Dompet Ayah Sepatu Ibu karya J.S. Khairen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan feminisme eksistensialis untuk menganalisis (1) perempuan dapat bekerja, (2) perempuan dapat menjadi seorang intelek, (3) perempuan dapat bekerja untuk mencapai transformasi sosialis masyarakat; dan (4) perempuan dapat menolak stereotip yang dilekatkan pada jenis kelaminnya dengan mengidentifikasikan diri melalui pandangan kelompok dominan dalam masyarakat. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak catat, studi pustaka.Teknik penyajian data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teknik penyajian informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Dompet Ayah Sepatu Ibu karya J.S. Khairen menghadirkan representasi emansipasi dan kesetaraan gender melalui sosok Zenna. Zenna mampu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan mencapai pendidikannya, menunjukkan bahwa perempuan memiliki kemampuan dan tekad yang setara dengan laki-laki. Zenna juga digambarkan sebagai perempuan intelektual yang memiliki prestasi gemilang di bidang pendidikan, menunjukkan bahwa perempuan mampu menjadi agen perubahan yang setara dengan laki-laki.
Kata kunci: emansipasi perempuan, kesetaraan gender, feminisme eksistensialis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Artanti, Y. 2020. Konsep Diri Perempuan di Persimpangan Budaya dalam Autobiografi Stupeur et Tremblements Karya Amelie Nothomb. Litera, 19(1), 72-93.

Darma, Budi. 2019. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Buku Kompas.

Dina, F. 2013. Representasi ideologi patriarki Dalam Novel Tanah Tabu Kajian Feminisme Radikal. Jurnal Sastra Indonesia, 2(1).

Hidayat, A. R., Anoegrajekti, N., & Mariati, S. 2013. Representasi Perempuan dalam Novel Supernova-Petir Karya Dewi Lestari: Kajian Feminisme Eksistensialis.

Marsipah. 2017. Eksistensi dan Partisipasi Perempuan Muslim dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.

Nisya, R. K., & Komalasari, A. D. 2020. Eksistensi Perempuan dalam Novel Sempurna Karya Novanka Raja: Kajian Feminisme Eksistensialis. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 165-175.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarya: Pustaka Pelajar.

Sholihah, F. 2018. Eksistensi Da’iyah di Tengah Domestikasi Citra Diri Perempuan Shalihah. Sawwa, Jurnal Studi Gender, 13(1), 107-116.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Grup




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v11i1.8940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.