PEMANFAATAN MEDIA GRAFIS BERBASIS KARTUN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Lisdwiana Kurniatia, Rr. Dwi Astutib

Abstract


Abstrak: Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam menunjang kualitas belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat menarik dan menyenangkan adalah media grafis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pemanfaatan Media Grafis Berbasis Kartun dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melakukan pembelajaran menulis Teks Anekdot dapat disampaikan melalui berbagai media, salah satunya Media Grafis Berbasis Kartun. Media grafis dapat mengomunikasikan fakta dan gagasan-gagasan secara jelas dan kuat melalui perpaduan antara pengungkapan kata-kata dan gambar. Sedangkan kartun memiliki kemampuan besar untuk menarik pehatian, mempengaruhi sikap, maupun tingkah laku siswa. Selain itu, kartun murah harganya dan mudah didapatkan, serta digunakan tanpa memerlukan peralatan khusus. Melalui media grafis tersebut, Teks Anekdot dapat disampaikan secara menarik dan menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan minat dan semangat siswa dalam belajar. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Media Grafis Berbasis Kartun ini selain menumbuhkan ketertarikan siswa, juga dapat mengembangkan kreatifitas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran Menulis Teks Anekdot.

Kata kunci: Media Grafis, Berbasis Kartun, Teks Anekdot

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asmaria. (2017). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn Siswa Kelas II SDN 015 Pagaran Tapah Darussalam. Jurnal Pendidikan dan Pengajaraan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 110.

Harefa, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Anekdot Melalui Model Pembelajaran. Cooperative

Script di Kelas VI SD Negeri Hiliweto Gido. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 209-215.

Mahmud. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) pada Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 35.

Sadiman, Arief S. (2018). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sopandi, S. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan menulis anekdot melalui penerapan strategi genius learning. Journal of Education Action Research, 4(4), 422-433.

Sumantri, M Syarif. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tim Rumah Belajar. (2021). Memahami Struktur dan Teks Anekdot. Recuperado el 24 Desember2021,https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id.

Wardani, E. D., Rustono, R., & Nuryatin, A. (2017). Analisis Teks Anekdot Bermuatan Karakter dan Kearifan Lokal sebagai Pengayaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 6(2), 68-77.




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v9i2.8180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.