PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SMPLB TUNAGRAHITA KELAS 9 SEMESTER I

Sri Suharti

Abstract


Abstrak “ Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar membaca permulaan melalui penggunaan  media  gambar  pada  siswa  tuna  grahita  SLB Muhammadiyah Purworejo, tahun pelajaran 2021/2022.Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran membaca permulaan Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Adapun teknik analisa data dalam penelitian dengan reduksi dan display data artinya dirangkum dan disajikan dalam bentuk table dan uraian deskriptif. Dari   penelitian   tindakan   kelas   yang   telah   dilakukan,   dapat   disimpulkan   bahwa berdasarkan Nilai yang di peroleh semester I sebesar 20% belum berkembang  meningkat berkembang menjadi 80% pada penelitain siklus I. Kemudian penelitian siklus II meningkat lagi 40% berkembang sesuai harapan (BSH), 40% berkembang sangat baik (BSB) yang mengalami keberhasilan. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan metode iqro dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa tuna grahita kelas 9 SLB Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2021-2022.

 

 

Kata Kunci: membaca, SMLB


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Nurhadi. (1989). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: YA3

Soedarsono. (1993). Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hallahan, D. P. and Kauffman, J. M. (1988). Exceptional Children

Introduction to Special Education. New Jersey: Prentice Hall

Internationa

Vivian Navaratman.1987. Bahan pelatihan Anak Berkebutuhan Khusus. Surakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitisn Pendidikan. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v9i2.8178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.