EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG BAHASA INGGRIS ONLINE DALAM PENGAJARAN KOSA KATA DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Basuki Basuki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya penggunaan Media Teka Teki Silang Bahasa Inggris Online dalam pembelajaran kosakata di kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2021/2022.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah  Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X tahun ajaran 2021/2022. Dalam sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil dua kelas yang terdiri dari 36 siswa kelompok eksperimen dan 36 siswa kelompok kontrol.               Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t sebesar 10,906. berdasarkan taraf signifikansi 0,05 nilai t-tabel adalah 2.000 dengan derajat dari , perhitungan menunjukkan bahwa nilai t lebih besar dari t-tabel (10,906>2.000). Hal ini dapat dibuktikan dari perolehan skor kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Rerata skor kelompok eksperimen adalah 85,83 dan rerata skor kelompok kontrol adalah 66,39. artinya skor kelompok eksperimen lebih tinggi daripada skor rata-rata kelompok kontrol.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teka-teki silang efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharismi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta:

Rineka Cipta

Alfabeta.http://En.Wikipedia.Org/Wiki/Vocabulary#Knowing_And_A_Word. Accessed

On Januari 29, 2022.

Azhar Arsyad.2013. Media Pembelajaran Jakarta: Rajagrafindo Persada

Bintz, W.P.2011.Teaching Vocabulary Across the Curiculum. Kent State

University.Cahyani, Rosalia Revita, Sara Immaculata Terra Istinara, Agnes Chika

Damayanti, Kurniadining Sri Pertiwi.2020.The Derivational and Compounding Process in William Shakespeare’s Literary Works. Jadila: Journal of Development and Innovation in Language and Literature Education. 1(1). 1-16.

Oktaviani, A.,Saparingga P.,& Susanto. D.2019.Survey Research About the Importance of

English for Young Leaners at Elementary School Linguistics, English Education and Art (LEEA) Journal, 2 (2), 1-16. https://di.org/10.31539/leea.v2i2.583.

Puspita, Nurul and Nurlaily Sabiqoh. 2017. Teaching Vocabulary by Using Crossword

Puzzle. English Education: JurnalTadris Bahasa Inggris.10(2):1-18.

https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ENGEDU

Sabiqoh, Nurlaily. 2016. Teaching Vocabulary by Using Crossword Puzzle at The

First Semester of The Seventh Grade Students of MTS Ma`arif Naddatul Ulama (NU) 08 Mataram Baru in East in The Academic Year of 2016/2017.A Thesis.Tarbiyah and Teacher Training Faculty Islamic University of Raden Intan Lampung.

Sugiyono 2015.Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v9i2.8110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.