AKTUALISASI NILAI PENDIDIKAN MORAL MELALUI PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BAGI SISWA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Nilai pendidikan moral berkaitan mematrikan diri terkait sikap asertif dengan mengkorelasikan kaidah dan norma dalam masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan a) penerapan proses pembelajaran nilai pendidikan moral melalui pembelajaran menulis puisi bagi siswa di sekolah dasar, b) aktualisasi pendidikan integratif melalui pembelajaran menulis puisi bagi siswa di sekolah dasar, dan c) kriteria penciptaan puisi bagi siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan melakukan pengumpulan data melalui telaah buku dan jurnal yang relevan dengan kajian aktualisasi nilai pendidikan moral melalui pembelajaran menulis puisi bagi siswa di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bila a) penerapan proses pembelajaran nilai pendidikan moral melalui pembelajaran menulis puisi di sekolah dasar dengan tahapan (1) menunjukkan ragam perilaku positif dan negatif, (2) mengaitkan tahap pertama dengan pengalaman siswa di lingkungannya, (3) melakukan pengamatan langsung di lingkungan sekolah atau tempat tinggal siswa, dan (4) mengimplementasikan dalam bentuk menulis puisi dari hasil analisis tahap 1 s.d. 3, b) aktualisasi sisi pendidikan integratif memperhatikan pendidikan dari sisi moral, iman, intelektual, emosi, dan sosial, dan c) kriteria penciptaan puisi di sekolah dasar dianalisis melalui aspek tipografi, aspek bahasa, dan aspek isi puisi.
Kata kunci: nilai moral, pendidikan, menulis, puisi, sekolah dasar
Full Text:
PDFReferences
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS Sejarah Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: BSNP Depdiknas.
Berkowitz, Marvin W. dan Melinda, Bier. 2007. “What Work in Character Education”. Washington: Character Education Partnership.
De Porter Bobbi dan Mike Hernacki. 2015. Quantum Learning. Bandung: Kaifa Learning.
Doyin, Mukh. 2014. “Pengembangan Materi Ajar di SD”. Jurnal Lingua. Vol. X (1), pp: 69-79.
Gunadi, R. Andi Ahmad. 2013. “Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini di Sekolah Raudhatul Athfal (R.A) Habibillah”. Jurnal Widya, Vol. 1 (2), pp: 85-91.
Habibah. 2007. Metode Pengembangan Moral Anak Prasekolah. Yogyakarta: UNY.
Hasanah, Uswatun. 2017. “Nilai Moral dalam Sāq Al-Bambū Karya SaʻŪd Al-SanʻŪsī”. Jurnal Adabiyyāt. Vol. I (1), pp: 112-138.
Irma, Cintya Nurika, dkk. 2020. “Implementasi Media Audiovisual Sinematisasi Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pembacaan Puisi Pada Mahasiswa di Universitas Peradaban”. Dipresentasikan pada Seminar SAGA#2 Universitas Ahmad Dahlan pada tanggal 26 Oktober 2019.
Jaya, Suhatman dan Syahrul R. Ermanto. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Siswa Kelas X. 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, Vol. 1 (2), pp: 87-95.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kertayasa, I Waya, dkk. 2018. “Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas X MIA 2 SMA N 1 Sukasada”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNDIKSHA, Vol 8 (2), pp: 248-258.
Maunah, Binti. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa”. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 1 (5), pp: 90-101.
Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Mulyati, Neneng Sri. 2017. “Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Media Audio Visual”. Jurnal Literasi, Vol 1 (1), pp: 18-27.
Pradopo, Rahmat Djoko. 2002. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Samani, Muclas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sari, Eka Purnama, dkk. 2018. “Pengaruh Pemanfaatan Museum sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pakaian Adat Tradisonal Bengkuludi SD Negeri 5 Kota Bengkulu”. Jurnal Juridikdas, Vol. 1 (2), pp: 126-132.
Setyorini, Nurul dan Cintya Nurika Irma. 2018. “Representasi Krisis Ekologi Indonesia Puisi Membaca Tanda-Tanda dan Menengadah ke Atas Merenungi Ozon yang Tak Nampak Karya Taufik Ismail”. Jurnal Bahtera, Vol. 5 (9), pp: 317-329.
Suwaid, M. 2010. Propethic Parenting; Cara Nabi SAW Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U Media.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wati, Linda Ratna, dkk. 2017. “Factors Related to the Need of Sexuality Education in Primary School in Gondanglegi Sub-District, Malang Regency”. Jurnal of Issues in Midwifery. Vol. 1 (1), pp: 1-18.
Wulan, Neneng Sri. 2014. “Perkembangan Mutakhir Pendidikan Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013 Sekolah Dasar”. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 1 (2), pp: 176-184.
Zainudin. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Puisi bagi Siswa Kelas IV SDN1 Dongko dengan Metode Praktek”. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol. 4 (9), pp: 16-31.
Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Zuchdi, Darmiyati. 2003. “Humanisasi Pendidikan dan Pengembangan Keterampilan Mengatasi Konflik”. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. XXIII (2), pp: 173-202.
DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v8i2.7445
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.