ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KUMPULAN DONGENG KARYA ARLEEN ALEXANDRA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BUKU PENUNJANG PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Tri Fitri Heriyanto, Joko Purwanto, Titi Anjarini

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) unsur instrinsik kumpulan dongeng karya Arleen Alexandra; (2) nilai pendidikan karakter  kumpulan dongeng karya Arleen Alexandra; dan (3) relevansi kumpulan dongeng karya Arleen Alexandra sebagai buku penunjang pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, baca, dan catat. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dibantu dengan kartu pencatat data dan alat tulisnya. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan content analysis (analisis isi). Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik kumpulan dongeng karya Arleen Alexandra terdiri atas: (a) tema, meliputi tema mayor dan minor, (b) tokoh dan penokohan, (c) alur (d) latar, meliputi latar tempat dan waktu, (e) sudut pandang, dan (f) amanat; (2) Nilai pendidikan karakter dalam kumpulan dongeng karya Arleen Alexandra yakni: Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Bersahabat/komunikatif, Cinta damai, Peduli sosial, dan Tanggung jawab; (3) Buku kumpulan dongeng karya Arleen Alexandra ini telah memenuhi kriteria buku penunjang sehingga relevan dijadikan sebagai buku penunjang pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

Kata kunci: pendidikan karakter, dongeng, buku penunjang.

Abstract: The aims of this research are to describe; (1) the intrinsic elements in a collection of fairy tales by Arleen Alexandra; (2) the value of character education in a collection of fairy tales by Arleen Alexandra; and (3) the relevance of Arleen Alexandra's collection of fairy tales as a learning support book for elementary school students. Data was collected by using library, reading, and note-taking techniques. The research instrument is the researcher as the main instrument assisted by data recording cards and writing instruments. The data analysis technique of this research is content analysis (content analysis). The results of data analysis are presented with informal techniques. Based on the results of the study, it can be concluded that: (1) the intrinsic elements of Arleen Alexandra's collection of fairy tales consist of: (a) themes, covering major and minor themes, (b) the character and characterizations, (c) plot, (d) setting, covering place and time settings, (e) point of view, and (f) the message of this fairy tale; (2) The values of character education in the collection of fairy tales by Arleen Alexandra are: Honesty, Tolerance, Discipline, Hard work, Creative, Independent, Democratic, Curiosity, Appreciating achievement, Friendly/communicative, Peace-loving, Social care, and Responsibility; (3) This collection of fairy tales by Arleen Alexandra has met the criteria for supporting books so that it is relevant to be used as a learning support book for elementary school students.

Keywords: character education, fairy tales, supporting books.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2016. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dewayani, Sofie. 2018. Panduan Pemilihan Buku Nonteks Pelajaran/Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan

Garnika, Eneng. 2020. MEMBANGUN KARAKTER ANAK USIA DINI: Menggunakan Metode Cerita, Contoh, Biasakan, dan Apresiasi (CCBA). Tasikmalaya: Edu Publisher.

Hafid, Anwar dkk. 2014. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rosidatun. 2018. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Communication

Sudaryanto. 2015. Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana Univercity Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto Ibnu. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prenamedia Group

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v8i2.7501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.