KAJIAN SEMANTIK TENTANG OPINI PUBLIK DI MEDIA MASSATERHADAP ISU GENDER

R. Panji Hermoyo

Abstract


Abstrak: Kajian semantik tentang opini publik ini merupakan kumpulan gagasanperorangandalamruanglingkup tertentu sehingadapat memberi sugestisekumpulan orang-orang. Tujuan  penulisan ini adalah untuk mengetahui pemahaman masyarakat terhadap opini publik di media massa terhadap isu gender dilihat dari semantik. Media Massa saat ini merupakan media dalam menyampaikan informasi perubahan kepada masyarakat sehingga bisa dikatakan sebagai alat konstruksi sosial yang paling ampuh. Permasalahannya pesan yang dibawa media massa tidak saja bersifat positif namun juga bersifat negatif, bahkan kadang-kadang pesan positif dimodifikasi hingga menjadi negatif.Isu Gender yang selalu menjadi perhatian publik, membuktikan bahwa dengan adanya isu Gender akan terjadi pendapat dari setiap individu di dalam kelompok masyarakat. Sikap masyarakat yang menilai isu Gender merupakan kecenderungan atau presdisposisi untuk menanggapi suatu persoalan atau situasi. Jadi, sikap tertahan didalam yang bila menghadapi suatu rangsangan bisa diekspresikan keluar dalam bentuk opini. Pemahaman yang salah dalam mengartikan makna opini publik, media massa dan gender akan menimbulkan masalah di masyarakat. Kajian dari Semantik diperlukan dalam setiap kata yang muncul di tengah masyarakat agar tidak menimbulkan pro dan kontra.

 

Kata kunci : semantik, opini publik, media massa, gender


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v6i12.6140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.