NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT KI MADUSENA ASTRABAYA SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

Stillia Mubarokah Darojat

Abstract


Abstrak: Peneitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis isi. Ada dua aspek yang dianalisis dalam penelitian ini, yaitu nilai pendidikan dan relevansi cerita rakyat Ki Madusena Astrabaya dalam pembelajaran sastra di SMP. Simpulan penelitian ini adalah: cerita rakyat Ki Madusena Astrabaya mengandung berbagai nilai pendidikan yaitu nilai pendidikan moral, nilai pendidikan adat/tradisi, nilai pendidikan agama/religi, dan nilai pendidikan kepahlawanan. Selain itu, cerita rakyat Ki Madusena Astrabaya juga relevan sebagai bahan ajar sastra bagi siswa SMP.

Kata kunci: analisis nilai pendidikan, cerita rakyat, bahan ajar sastra


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v6i12.6031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.