PENDEKATAN SINTESIS PEDAGOGI GENRE, SAINTIFIK DAN CLIL DENGAN TEKNIK UMKM2 UNTUK MENGOPTIMALKAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN KRITIK DAN ESAI SASTRA KELAS XII SMA 1 PURWOREJO

Titin Partinem

Abstract


Abstrak : mempersiapkan peserta didik di era millenial mengharuskan guru untuk inovatif dan kreatif dalam pembelajaran . Penilaian HOTS yang mulai didengungkan menuntut guru menyelenggarakan pembelajaran yang HOTS pula. Peserta didik abad millenial dipersiapkan untuk menghadapinya dengan bekal keterampilan abad 21 yakni kreatif, kritis, kolaboratif, dan komunikatif serta memiliki keunggulan  literasi. Salah satu wujud pembelajaran HOTS yang penulis kembangkan adalah pembelajaran dengan implementasi pendekatan sintesis pedagogi genre, saintifik, dan CLIL  dengan teknik unduh, membaca, konfirmasi, memproduksi, memublikasi (UMKM2) materi menulis kritik dan esai sastra pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas XII SMA . Berbagai karakter luhur dapat dikembangkan selama proses pembelajaran dengan pendekatan ini, yakni tanggung jawab, kreatif, kritis, percaya diri, jujur, gotong royong, dan  nasionalis. Hasil belajar berupa produksi karya kritik dan esai dapat terwujud dengan  terkumpulnya karya siswa dalam bentuk Antologi Kritik dan Esai sastra  siswa kelas XII SMA. Dengan demikian pendekatan sintesis pedagogi genre, saintifik, dan CLIL dengan teknik UMKM2 dapat meningkatkan karakter luhur dan membudayakan literasi bagi siswa di abad millenial.

Kata kunci: sintesis pedagogi genre, saintifik, CLIL, UMKM2, kritik, esai


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v6i12.6029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.